plugin wordpress terbaik
Tutorial

Sejarah Website Beserta Perkembangan dari Masa ke Masa!

Bicara tentang sejarah website, tentunya memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan layanan hosting sebagai penyedia akses kecepatan web. Banyak penyedia layanan hosting murah seperti pada harga VPS Niagahoster yang menawarkan kecepatan akses website untuk mendukung model dan struktur pengelolaan situs.

Apa Itu Website?

Menurut KBBI, website atau situs web merupakan sistem yang mampu mengakses, memanipulasi, serta mengunduh file dalam tautan tertentu dan tautan ini hanya dapat diakses oleh pengguna yang terhubung dengan koneksi jaringan internet.

Jenis-Jenis Website

Setelah mengetahui pengertian website, kamu sebaiknya mengetahui jenis-jenisnya. Jenis website sendiri sangat beragam, berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Blog
  • E-commerce
  • Website Bisnis
  • Media Sosial
  • Instansi Pemerintah
  • Komunitas
  • Website Berita

Sejarah Website

Website pertama kali dibuat pada tahun 1991 oleh seorang pakar komputer berkebangsaan Inggris, Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee. Awalnya, pembuatan website hanyalah sebatas media pertukaran informasi saja. Namun, seiring perkembangannya, website terbagi dalam model-model sebagai berikut:

1. Web 0.1

Pada model generasi pertama ini, pengguna website hanya bisa sebatas mengakses informasi pada situs web saja. Tanpa bisa melakukan pertukaran data maupun informasi secara real time.

Bisa dibilang, pada saat itu, model website generasi pertama ini menggunakan komunikasi 1 arah yang sifatnya informatif. Jadi, penggunaan website pada saat itu hanya sebatas sebagai billboard atau papan informasi digital saja.

2. Web 0.2

Setelah melewati serangkaian inovasi, munculah update sejarah website terbaru yaitu web 0.2. Web 0.2, pertama kali muncul pada tahun 2004 yang merupakan inovasi teknologi dari perkembangan  penggunaan dari website generasi 0.1.

Isi dari model ini lebih variatif dan mulai mencakup banyak aspek informasi. Meskipun masih bersifat satu arah, web 0.2 lebih luas pemanfaatannya. Karena isi konten yang memuat berbagai macam topik seperti ilmu pengetahuan, budaya, musik, dan lain sejenisnya.

3. Web 0.3

Selanjutnya, Web 3.0 yang menawarkan sebuah metode jauh lebih efisien untuk membantu komputer mengatur dan menarik kesimpulan data secara online. Bahkan, model generasi Web 3.0 juga memungkinkan perkembangan baru dari fitur web yang berfungsi sebagai sarana penyimpanan data dengan kapasitas lebih besar.

Pada model ini, website berkembang sebagai sarana bertukar informasi secara luas yang mencakup banyak aspek kehidupan. Aspek tersebut termasuk bisnis, perkembangan teknologi, dan pertukaran informasi data antar pengguna.

4. Web 0.4

Model web 0.4 merupakan generasi terbaru dari sejarah website yang saat ini kita akses dan nikmati sehari-hari. Web 0.4 ini menawarkan fitur dinamis dengan jangkauan akses yang luas dan tampilan visual lebih menarik. 

Selain itu, perkembangan fitur serta teknologi website ini juga mencakup dalam banyak aspek. Hasilnya, saat ini website menjelma sebagai satu gaya hidup dan sarana pertukaran informasi yang sifatnya massive.

Sudah Tahu Bagaimana Perkembangan Sejarah Website?

Itu dia penjelasan tentang sejarah website serta perkembangan modelnya dari masa ke masa. Website kini menjelma sebagai sarana bertukar data serta informasi dari seluruh pengguna di dunia. Oleh karena itu, gunakanlah kanal website sebagai sarana mengembangkan potensi diri ke hal-hal yang positif, apalagi beli domain hosting di Niagahoster pasti akan puas.

Posted by
Muhamad Ilyas

Bercita-cita ingin kuliah jurusan sistem informasi di Universitas Siber Asia (UNSIA), sangat hobi dengan hal tentang teknologi dan bisnis online.