manfaat solar panel
Content Placement

Mengulik Berbagai Sumber Energy Alternatif Beserta Contohnya

Matahari menjadi salah satu sumber energy alternatif yang secara ekonomi tidak akan pernah habis. Sumber energi ini juga sangat ramah lingkungan karena tidak mengandung emisi. Tak hanya matahari saja, ada beberapa sumber energi lainnya yang juga dinilai ramah lingkungan. Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak ulasannya yang lengkap berikut ini!

Berbagai Macam Energi Alternatif Beserta Contoh Contohnya

berbagai macam energi alternatif

Panas Matahari

Energi alternatif merupakan jenis energi terbarukan yang menjadi energi pengganti bahan bakar fosil. Salah satu energi yang menjadi alternatif untuk kebutuhan sehari hari adalah panas matahari. Energi ini dimanfaatkan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang menghasilkan emisi. Karena alasan tersebut, bahan bakar ini tidak ramah lingkungan.

Dengan meningkatnya teknologi, energi alternatif secara terus menerus dikembangkan dengan baik. Dalam hal ini, panas matahari menjadi energi yang tidak terbatas alias selalu tersedia. Mengingat jumlahnya yang tak terbatas, maka energi dari matahari ini dapat digunakan sebagai pembangkit listrik.

Sumber Energi dari Air

Selain panas matahari, ada juga sumber energi yang terbarukan yaitu air. Dengan adanya air ini, maka bisa diubah menjadi energi yang bermanfaat untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya menggunakan arus air yang menggerakkan kincir atau turbin air yang kemudian dialihkan menjadi energi listrik. Untuk itu, arus sungai, air terjun, dan ombak digunakan sebagai pembangkit energi ini.

Baca Juga: 7+ Contoh Iklan Elektronik Paling Menarik Calon Pembeli

Biomassa

Biomassa menjadi salah satu sumber energy alternatif yang terbarukan selanjutnya. Energi alternatif ini dihasilkan dari sisa pengolahan berbagai industri pertanian, seperti sekam padi, cangkang sawit, tongkol jambu, ampas tebu, serbuk kayu hingga energi dari limbah pertanian lainnya. Energi biomassa ini diharapkan berguna untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga dan listrik.

Panas Bumi

Selain Biomassa, ada lagi sumber energi terbarukan yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari hari yaitu panas bumi. Sumber energi yang satu ini juga dapat bermanfaat sebagai pembangkit listrik dan bisa dikatakan menjadi energi yang tidak pernah habis. Untuk menghasilkannya, panas akan menghasilkan uap yang kemudian dikelola sebagai pembangkit listrik.

Sumber Energi dari Etanol

Selanjutnya ada etanol yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Sumber energy alternatif yang satu ini berguna sebagai bahan bakar minyak dan lain sebagainya. Agar menjadi energi yang bisa digunakan, maka etanol diolah sedemikian rupa, sehingga mengalami proses fermentasi pada tumbuhan seperti gandum dan jagung dan berubah menjadi bahan bakar.

Baca Juga: Cara Mengatasi Security Certificate Error di PC dan HP Android

Solar Panel Sebagai Energi Alternatif

Jika Anda tertarik untuk menggunakan salah satu energi alternatif terbaik, yakni dengan menggunakan solar panel sebagai energi listrik alternatif untuk segala kebutuhan Anda.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat berpindah dari energi konvensional menjadi energi masa depan.

Berbagai Manfaat Yang Didapatkan Jika Memasang Solar Panel

manfaat solar panel

Menghemat Tagihan Listrik Secara Signifikan

Seperti yang diketahui tarif listrik konvensional semakin hari mengalami kenaikan. Dengan kondisi tersebut, tentunya berdampak pada kondisi kesejahteraan dan perekonomian yang semakin terpuruk pada masyarakat luas. Belum lagi dipusingkan dengan tagihan listrik yang setiap tahunnya merangkak naik tanpa diimbangi pemasukan yang sepadan.

Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan baik jika anda beralih menggunakan panel solar untuk kebutuhan rumah tangga. Tagihan listrik konvensional bisa diminimalisir sampai dengan 50% jika memilih sumber energi alternatif yang satu ini. Dengan begitu, anda tidak perlu lagi dipusingkan dengan tagihan listrik yang membengkak.

Lebih Ramah lingkungan Dari Pembangkit Listrik Konvensional

Seperti namanya, panel surya ini memiliki sumber energi dari matahari yang merupakan tata surya terbesar di alam semesta. Dengan menggunakan panel surya sebagai sumber energi listrik, tentu anda sudah berperan dalam menjaga kelestarian di bumi. Pasalnya, anda tak perlu lagi sumber pembangkit listrik yang tidak bisa diperbaharui seperti gas dan minyak.

Baca Juga: Contoh Kata Kata Untuk Merekrut Reseller Yang Bagus dan Menarik

Dengan menggunakan sistem pembangkit listrik yang mengandalkan sinar matahari ini, maka Anda anda mendukung keseimbangan yang ada di bumi. Energi surya menjadi salah satu sumber energi terus tersedia di alam dan tidak akan habis. Hal inilah yang membuat cara kerja solar panel bisa dikatakan cukup ramah lingkungan.

Mudah dan Praktis Diterapkan Di Indonesia yang Beriklim Tropis

Mengingat Indonesia merupakan negara tropis, maka sinar matahari yang dipancarkan terus ada sepanjang tahun. Karena alasan tersebut, maka membuat negara ini menjadi sangat tepat dalam penerapan energi surya sebagai sumber energi alternatif listrik. Oleh karena itu, sistem panel solar dapat diaplikasikan di setiap rumah tangga dan menjadi energi alternatif mandiri.

Sebagai Sumber Energi Alternatif

Bagi anda yang ingin memiliki hunian dengan konsep ramah lingkungan, maka pertimbangan memasang panel surya tampaknya menjadi pilihan terbaik. Hal ini karena matahari dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif ketika sumber energi konvensional tidak bisa digunakan. Dengan cara kerja solar panel yang efektif, tentu bisa memberikan keuntungan bagi penggunanya.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Toko Sepeda Semarang Murah dan Terlengkap

Penutup

Untuk Anda yang ingin menggunakan teknologi terbaik, yakni energi masa depan, Anda bisa menggunakan produk dari SUN Energy selaku pioneer untuk produk solar panel. Anda bisa mendapatkan solar panel dengan investasi terbaik. Dengan DP 0% saja, kini Anda bisa memiliki produk terbaik dari SUN Energy.

Itulah informasi mengenai energi alternatif. Semoga bermanfaat.

Posted by
Fajar Muhsy

Seorang Blogger dan Internet Marketer. Suka menulis informasi terbaru seputar bisnis dan perkembangan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *