Syarat Buka Rekening BRI: Britama dan Simpedes

  • 4 min read
  • Nov 18, 2020
syarat buka rekening bri

Syarat buka rekening BRI ー Bank Rakyat Indonesia atau yang sering disebut bank BRI adalah salah satu bank yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan termasuk salah satu bank terbesar di Indonesia.

Bank BRI ini juga termasuk bank dengan jumlah nasabah paling banyak di Indonesia, hal ini dikarenakan BRI memiliki banyak sekali kantor cabang yang tersebar mulai dari pulau Sabang sampai Merauke.

Bank BRI juga terkenal dengan misi utamanya yakni bisa memberikan pelayanan terbaik ke lebih dari 100 juta nasabah yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia.

Keuntungan Memiliki Rekening BRI

Bukan cuma pelayanan terbaik saja yang membuat calon nasabah menjadi tergiur untuk menjalin kerjasama dengan pihak bank BRI, baik dalam konteks simpan pinjam ataupun investasi.

Akan tetapi, bank BRI ini mempunyai beberapa layanan lain yang sangat menarik sehingga akan menjadi sebuah keuntungan bagi nasabah yang membuka rekening tabungan di bank BRI.

Salah satu keuntungan yang akan kamu dapatkan jika membuka rekening tabungan di bank BRI adalah biaya bulanan dan biaya administrasi-nya yang tergolong ringan alias murah jika dibandingkan dengan bank-bank yang lain.

Beberapa kelebihan lainnya dari bank BRI, bisa kamu simak pada list berikut ini :

  • Fasilitas kartu debit (ATM)
  • Asuransi kecelakaan
  • Buku tabungan
  • Biaya bulanan murah
  • Biaya administrasi murah
  • Fasilitas E-Banking
  • Fitur transaksi otomatis
  • Real Time Online
  • Promo di merchant yang bekerja sama dengan bank BRI
  • dan lain sebagainya.

Bebeberapa kelebihan dan keuntungan yang tercatat di atas, pastinya akan membuat kamu semakin tertarik untuk membuka rekening di bank BRI, baik itu tabungan Simpedes ataupun Britama.

Saran dari mahatekno.com, sebaiknya segera untuk membuka tabungan/rekening di bank BRI agar bisa menikmati semua layanan perbankan dan memperoleh keuntungan-keuntungan di atas.

Buat kamu yang merasa bingung dengan syarat dan cara buka rekening tabungan di bank BRI, dalam artikel ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk mendaftarkan diri di bank BRI dengan mudah, yuk simak!

Baca juga: Cara Cek Saldo BRI Lewat HP: SMS, Mobile dan Internet Banking

Syarat Buka Rekening BRI

Sebelum saya membahas ke langkah-langkah membuka dan membuat rekening BRI, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja syarat yang dibutuhkan untuk buka rekening BRI.

Adapun syarat-syarat yang diperlukan untuk membuka rekening tabungan di bank BRI, antara lain:

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, sebenarnya untuk membuka tabungan simpanan pedesaan (Simpedes) BRI ataupun Britama itu sangat mudah sekali.

Persyaratan yang wajib kamu persiapkan sebelum melakukan pendaftaran di kantor cabang BRI terdekat diantaranya adalah :

  • Kartu Tanda Penduduk atau KTP (untuk WNI), atau Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS (untuk WNA).
  • NPWP (* berdasarkan pengalaman saya NPWP ini sifatnya opsional, jadi meskipun kamu belum memilikinya, kamu tetap bisa buka rekening Simpedes BRI).
  • Usia calon nasabah minimal adalah 17 tahun.
  • Setoran awal pembukaan rekening BRI minimal Rp100.000,- (* ini tidak berlaku untuk semua jenis rekening BRI, karena setiap jenis rekening yang kamu pilih memiliki minimum setoran awal yang berbeda).
  • Minimal setoran selanjutnya adalah Rp10.000,- (* sama, ini juga berbeda karena menyesuaikan jenis tabungan yang dipilih oleh nasabah pada saat pendaftaran).

Sedangkan buat kamu yang akan membuka rekening BRI untuk keperluan bisnis (perusahaan atau badan usaha), ada tambahan syarat yaitu :

  • AD-ART (Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga);
  • Akte Pendirian;
  • Akte Perubahan Terakhir;
  • NPWP a.n Perusahaan/Badan Usaha;
  • Dokumen Identitas Pengurus (Direksi).

Bahkan, setoran awal untuk rekening Perusahaan/Badan Usaha juga berbeda dengan perorangan, yakni minimal Rp1.000.000,-.

Selanjutnya, silakan kamu datang langsung ke kantor cabang BRI unit terdekat dengan membawa dokumen persyaratan yang sudah saya sebutkan di atas untuk memulai proses pembukaan rekening.

Syarat – syarat membuat ATM BRI itu terbilang sangat mudah sekali, sebab yang paling penting adalah kamu sudah memiliki cukup umur dan tentunya memiliki kartu identitas kependudukan yakni KTP, serta sejumlah uang untuk setoran awalnya.

Kantor cabang bank BRI ini bisa kamu temukan di setiap kecamatan yang ada di Indonesia. Bank BRI terkenal dengan jaringannya yang sangat luas dan menyebar, hal ini tentunya akan memberikan kemudahan layanan perbankan kepada masyarakat, salah satunya membuka rekening/tabungan.

Oiya, ketika membuat rekening di bank BRI, nasabah juga tidak hanya mendapatkan buku tabungan saja, namun juga dengan kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang bisa digunakan untuk tarik tunai, transfer, pembelian dan pembayaran tagihan, dan lain-lain.

Baca juga: Syarat Buka Rekening BCA [+Jenis Tabungan dan Kartu ATM]

Cara Membuat Rekening BRI

Proses pembuatan rekening BRI itu sangat mudah sekali, karena nanti kamu akan di bantu oleh petugas bank.

Buat kamu yang ingin mengetahui lebih detail terkait cara membuat rekening BRI, silakan simak langkah-langkah berikut ini :

  1. Siapkan semua persyaratan seperti dokumen KTP, NPWP (*kalau ada) dan uang untuk setoran awal.
  2. Kunjungi kantor BRI terdekat.
  3. Ambil nomor antrian dengan menekan tombol antrian dengan tujuannya ke customer service.
  4. Jika nomor antrian kamu sudah dipanggil, silakan kamu kunjungi petugas bank bagian customer service untuk membuka tabungan bank BRI.
  5. Kemudian kamu serahkan semua persyaratan pembuatan rekening BRI kepada petugas.
  6. Lalu isi formulir pendaftaran yang diberikan oleh petugas customer service.
  7. Berikan kembali formulir yang sudah kamu isi kepada petugas, lalu tunggu beberapa saat hingga customer service memberikan buku tabungan.

Jika semua proses pembuatan rekening sudah selesai kamu lakukan, maka rekening tabungan bank BRI kamu sudah siap untuk digunakan sebagaimana mestinya, dan kamu sudah resmi menjadi nasabah bank BRI.

Selain buku tabungan, kamu juga akan diberikan kartu ATM yang bisa kamu pakai untuk transaksi secara mudah melalui gerai ATM tanpa harus ke kantor bank.

Transaksi bank BRI juga bisa kamu lakukan hanya lewat ATM, SMS dan internet banking, ataupun melalui aplikasi BRI Mobile.

Saran: Saat kamu membuat ATM, sebaiknya kamu langsung saja sekalian meminta costumer service untuk membuat akun Mobile Banking dan Internet Banking untuk mempermudah transaksi kamu.

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan syarat buka rekening BRI dan tata cara membuat tabungannya?

Oiya, saat kamu membuat rekening tabungan BRI, kamu akan diberikan pilihan jenis tabungannya, salah satunya ada rekening Britama dan Simpedes.

FAQ

Berikut ini ada beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan oleh teman-teman :

Apakah bisa buka rekening BRI tanpa KTP?

Tidak bisa, karena pembukaan rekening tabungan di bank membutuhkan identitas yang valid.

Apakah membuat rekening BRI membutuhkan NPWP?

Tidak wajib. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, membuat rekening BRI (perorangan) itu tidak mengharuskan membawa NPWP, cukup KTP saja.

Berapa minimal setoran awal pembukaan rekening BRI?

Rp. 100.000,-

Apakah ATM BRI gratis biaya admin?

Tentu tidak, kamu akan dikenakan biaya administrasi bulanan.

Apakah bisa membuat rekening BRI secara online?

Sangat bisa sekali, dengan menggunakan layanan online melalui halaman e-FORM BRI atau lewat aplikasi Brimo.

Apakah warga negara asing (WNA) bisa membuka rekening BRI?

Tentu saja bisa, dengan syarat membawa Paspor dan KITAP/KITAS/KIMS.

Berapa usia minimum pembukaan rekening tabungan BRI?

Syarat untuk bisa membuka rekening tabungan BRI adalah berusia > 17 tahun. Namun, untuk jenis tabungan BRI Junio dan Simpel itu bisa dibuka untuk anak-anak di bawah 17 tahun.

Apa saja jenis tabungan bank BRI?

Simpedes, Simpedes TKI, Britama, Britama Bisnis, Britama X, Britama Rencana, Britama Valas, Tabungan Haji, BRI Junio, Simpel dan TabunganKu.

Berapa biaya administrasi bulanan rekening BRI Simpedes?

Rp. 5.500,-

Itulah informasi tentang syarat dan cara membuat rekening BRI yang bisa saya sampaikan dalam artikel mahatekno.com ini, semoga bisa membantu.

Untuk informasi lebih lengkap dan lebih jelas terkait persyaratan buka rekening dan jenis-jenis tabungan bank BRI, kamu bisa membacanya secara langsung di website resminya di alamat: https://bri.co.id/.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *