Ukuran Amplop Surat Putih Panjang di Word (Standar Indonesia)

  • 3 min read
  • Sep 28, 2020
ukuran amplop surat

Ukuran amplop surat ー Amplop sangat umum digunakan sebagai pelindung, sekaligus bungkus (cover) surat yang dipercaya bisa menjaga isi surat agar sampai ke orang yang dituju tanpa ada kerusakkan dan tidak bisa dibaca oleh pihak yang tidak berkepentingan, sehingga informasi yang ada di dalam surat aman.

Untuk ukuran dan warna serta desain amplop sendiri sebenarnya ada banyak sekali standar yang dipakai, seperti halnya di Indonesia yang memiliki standar amplop berbeda-beda, ada yang berwarna putih, coklat, dan lain-lain.

Secara umum, amplop yang paling sering digunakan adalah yang berwarna putih dengan ukuran yang berbentuk persegi panjang (paperline panjang) yang di bagian atasnya sudah dilengkapi dengan perekat untuk memproteksi isi surat.

Sedangkan amplop yang berwarna coklat itu jarang sekali menggunakan perekat, namun ada sebagian yang dilengkapi dengan benang atau tali pengikat sebagai proteksinya. Ukuran amplop coklat polos ini juga sangat beragam, ya meskipun rata-rata berukuran besar.

Jika kita lihat dari segi fungsi dan kegunaan, penggunaan amplop putih dan coklat itu berbeda, lho! Sebagai contohnya, amplop coklat biasanya dipakai untuk mengirim dokumen perusahaan, instansi pemerintahan, mengirim CV (Curriculum Vitae) atau surat lamaran pekerjaan.

Sedangkan amplop yang berwarna putih, kebanyakannya digunakan untuk mengirim surat undangan atau juga sering dipakai untuk membungkus uang haji, honor, ataupun kegiatan surat menyurat yang lainnya baik bersifat dinas ataupun bukan.

Nah, disaat amplop tersebut digunakan untuk surat dinas atau amplop undangan pernikahan, khitanan (kondangan), umumnya amplop surat tersebut dilengkap dengan kop surat atau label nama perusahaan/instansi dinas pemerintahan.

Yang sudah pasti untuk pembuatannya harus menggunakan bantuan laptop atau komputer (desktop PC), printer serta bantuan software, salah satu aplikasi atau software untuk membuat kop surat di amplop adalah Microsoft Word.

Dengan menggunakan Ms Word, pembuatan kop surat baik perusahan ataupun dinas, ataupun label undangan di bagian luar amplop bisa dilakukan dengan sangat mudah sekali. Pasalnya, Microsoft Word sudah mendukung berbagai ukuran amplop standar di seluruh dunia.

Sehingga ketika kamu akan print-out kop surat atau label di luar amplop, kamu nggak harus ribet-ribet lagi dalam menentukan ukuran amplop tersebut secara manual. Jadi, cukup pilih saja kode ukuran standar amplop yang sudah disediakan oleh Ms Word, dan ukuran amplop tersebut akan secara otomatis menyesuaikan.

Mengenal Ukuran Amplop Surat Putih Panjang di Word

Perlu kamu ketahui, bahwa ukuran amplop surat yang ada di Indonesia itu mempunyai standar masing-masing, akan tetapi hampir semua ukuran sudah tersedia juga di Word.

Sebelum kamu print amplop dengan menggunakan Microsoft Word, maka kamu wajib menyiapkan format dan ukuran amplop tersebut terlebih dahulu.

Settingan pertma, silakan kamu tentukan dulu ukuran kertas yang sesuai dengan amplop yang akan di print, sehingga hasil print akan pas dengan yang kamu inginkan.

Buat kamu yang belum tahu mengenai ukuran standar amplop yang ada di tanah air Indonesia ini, dalam artikel ini Mahatekno akan sedikit berbagi perihal ukuran amplop surat standar yang bisa kamu gunakan di Word.

Berikut di bawah ini adalah jenis ukuran amplop putih panjang di Word yang paling banyak digunakan di Indonesia, diantaranya:

  1. Amplop B4

    Ukuran 250 mm × 353 mm atau 9,8″ x 13,9″ (inci). Amplop B4 sama dengan ukuran kertas C4.

  2. Amplop B6

    Ukuran 125 mm × 176 mm atau 4,9″ x 6,9″ (inci). Amplop B6 sama dengan ukuran kertas C6.

  3. Amplop C3

    Ukuran 324 mm × 458 mm atau 12,8″ x 18″ (inci). Amplop C3 sama dengan ukuran kertas A3.

  4. Amplop C4

    Ukuran 229 mm × 324 mm atau 9″ x 12,8″ (inci). Amplop C4 sama dengan ukuran kertas A4.

  5. Amplop C5

    Ukuran 162 mm × 229 mm atau 6,4″ x 9″ (inci). Amplop C5 sama dengan ukuran kertas A5.

  6. Amplop C6/C5

    Ukuran 114 mm × 229 mm atau 4,5″ x 9″ (inci). Amplop C6/C5 sama dengan ukuran kertas 1/3 dari A4.

  7. Amplop C6

    Ukuran 114 mm × 162 mm atau 4,5″ x 6,4″ (inci). Amplop C6 sama dengan ukuran kertas A6.

  8. Amplop C7

    Ukuran 81 mm x 114 mm atau 3,2″ x 4,5″ (inci). Amplop C7 sama dengan ukuran kertas A7.

  9. Amplop C7/C6

    Ukuran 81 mm x 162 mm (3,19″ x 6,4″ ( inci). Amplop ini sama dengan ukuran kertas 1/3 dari A5.

  10. Amplop E4

    Ukuran 280 mm × 400 mm atau 11″ x 15,75″ (inci). Amplop E4 sama dengan ukuran kertas B4.

Cara Print Amplop di Microsoft Word

Kalau saja kamu sama sekali tidak mengenal model atau jenis ukuran amplop yang digunakan, maka kamu bisa membuat format print-out untuk amplop tersebut, berikut langkah-langkahnya:

  1. Ukur panjang dan lebar amplop dengan menggunakan mistar (penggaris).
  2. Kemudian catat ukuran panjang dan lebarnya dalam satuan milimeter (mm).
  3. Lalu cocokkan dengan model amplop di atas, siapa tahu cocok dengan salah satunya.
  4. Buka software Microsoft Word versi apa saja (2016, 2013, 2010, ataupun 2007).
  5. Buka tab Mailings → Enploves.
    ukuran amplop
  6. Pada kotak dialog Envelopes and Labels yang tampil di layar, silakan klik tombol Options… untuk memilih salah satu ukuran amplop.
    ukuran amplop jaya
  7. Pada kotak dialog Envelope Options, silakan kamu pilih ukuran amplop yang sesuai dengan amplop yang akan di print pada menu Envelope size:.
  8. Jika model amplop tidak ada yang sesuai, silakan kamu pilih saja opsi Custom size… kemudian masukkan ukuran panjang x lebar sesuai amplop yang digunakan.
    ukuran amplop coklat
  9. Selanjutnya, kamu bisa menulis teks, label atau kop surat di lembar kerja, lalu bisa langsung print-out seperti biasanya.

Baiklah, sampai di sini apakah kamu sudah mengerti? Jika masih ada yang kurang dipahami atau ada pertanyaan lain, silakan jangan ragu-ragu untuk menuliskan permasalahannya di kolom komentar!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *